RW 009 Juara I Lomba RW Bersih dan Indah Kelurahan Dabo

Singkep190 Views
banner 468x60

Selingga.com (23/08) Dabo. Usai melaksanakan penilaian sebelumnya terkait dengan lomba RW Bersih dan Indah, akhirnya Kelurahan Dabo mengumumkan beberapa pemenang lomba ini. Dari 12 RW se-Kelurahan Dabo yang mengikuti lomba ini, terpilih sebanyak 4 RW sebagai juara I, II, III, dan IV. Kegiatan pembagian hadiah bagi pemenang lomba RW Bersih dan Indah ini dilaksanakan pada Rabu (23/08) tadi di Gedung Sapta Pesona, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Lurah Dabo, Mardi Sastra mengatakan kalau kegiatan lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 ini.

“Hari ini Kelurahan Dabo mengumumkan siapa-siapa saja RW yang menang dalam lomba RW Bersih dan Sehat se-Kelurahan Dabo. Adapun pelaksanaan penilaian kegiatan tersebut pada tanggal 14 Agustus 2023 lalu dan alhamdulillah pada hari ini dapat kita umumkan secara langsung. Kegiatan ini juga bagian dari upaya memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini,” kata Mardi Sastra.

RW 009 Juara I Lomba RW Bersih dan Indah Kelurahan Dabo

Selain untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini, Mardi Sastra juga mengatakan kalau kegiatan lomba ini juga bertujuan agar semakin tumbuhnya kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Setelah kita laksanakan kegiatan ini, harapan kita ke depannya adalah agar seluruh RW se-Kelurahan Dabo ini ada kesadaran akan pentingnya kebersihan itu sendiri, baik itu kebersihan drainasenya maupun kebersihan lingkungan sekitar rumah. Kemudian juga terkait dengan rasa bela negara, rasa patriotisme, juga dengan pemasangan bendera, dan atribut lainnya terkait dengan peringatan HUT Kemerdekaan ini,” papar Mardi Sastra.

Kemudian Lurah Dabo ini menjelaskan kalau dalam jalannya kegiatan lomba RW Bersih dan Indah tersebut, pihak juri memberikan penilaian secara objektif terhadap 3 kategori penilaian yang ada.

Baca juga :   Riono Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Lingga

“Penilaian dari lomba ini terdiri dari 3 kategori. Yang pertama, yaitu kita fokus di kebersihan drainase. Karena kebersihan drainase ini sangat penting sekali, khususnya di Kota Dabo itu sendiri. Selain kebersihan drainase, penilaian yang kedua adalah kebersihan sekitar lingkungan rumah dan ada pengadaan tanaman toga. Kemudian yang ketiga adalah penilaian terkait dengan atribut-atribut HUT RI, baik itu benderanya yang merupakan hal wajib di setiap rumahnya maupun atribut seperti umbul-umbul dan bendera-bendera kecil di wilayah tersebut,” papar Mardi Sastra.

Adapun RW yang memperoleh juara dalam lomba ini, yaitu untuk juara I dari RW 009 dengan nilai 94, juara II dari RW 011 dengan nilai 82, juara III dari RW 010 dengan nilai 78, dan juara IV dari RW 008 dengan nilai 77.

Dengan digelarnya kegiatan lomba ini, Mardi Sastra berharap masyarakat bisa termotivasi untuk selalu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

“Harapan kita mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, RW yang belum juara bisa termotivasi dengan mencontoh hal-hal yang positif, khususnya dalam kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) itu sendiri. Minimal menjaga rumahnya masing-masing,” kata Mardi Sastra.

RW 009 Juara I Lomba RW Bersih dan Indah Kelurahan Dabo

Disinggung terkait dengan keberadaan fasilitas umum di wilayah Kelurahan Dabo, Mardi Sastra mengatakan kalau sejauh ini untuk fasum dinilainya masih cukup.

“Untuk fasilitas umum, nampaknya alhamdulillah sudah cukup untuk Kelurahan Dabo. Karena Kelurahan Dabo merupakan kelurahan kota, dari segi fasilitas nampaknya cukup lengkap. Tinggal bagaimana kita menjaga fasilitas umum tersebut,” jawab Mardi Sastra.

Seperti diketahui bahwa selama ini untuk lomba kebersihan tingkat RW se-Kelurahan Dabo ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan. Selain Kelurahan Dabo, kegiatan ini juga didukung oleh tokoh masyarakat, RT/RW, dan semua pihak yang ada di lingkungan Kelurahan Dabo ini. Selain itu, Lurah Dabo merencanakan kegiatan ini juga akan tetap dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. Namun, tentunya dengan inovasi yang baru, seperti lomba Posyandu, lomba Siskamling, atau membuat inovasi dengan mencampurkan beberapa unsur yang ada di Kelurahan Dabo. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *