Samsudi bakar E-KTP,disaksikan Polisi

Selingga.com (15/12) Dabo.Ratusan E-KTP dimusnahkan dengan cara dibakar oleh pihak Disduk Capil Kabupaten Lingga pada Jum’at (14/12/2018) tadi.Pembakaran yang berlangsung didepan halaman kantor pelayanan langsung tersebut,sesuai dengan intruksi dari pihak Kemendagri RI.
“Ini yang rusak semuanya.Jumlah semuanya 571 E-KTP.Hari ini kita mendapat surat edaran dari Kemendagri,bahwa E-KTP yang rusak itu harus dibakar.Sesuai intruksi dari Menteri Dalam Negeri,ini kita bakar.Kalau kemarin-kemarin itu kita potong,” kata Kadisduk Capil Kabupaten Lingga Samsudi melalui Kabid Pendataan Penduduknya Muhammad kepada pihak media yang ada saat itu.
Muhammad juga mengatakan kalau tujuan pembakaran kartu identitas kependudukan tersebut,untuk memastikan bahwa E-KTP yang tidak layak digunakan,benar-benar sudah dilakukan pemusnahan.
“Untuk memastikan bahwa E-KTP ini tidak tercecer,tidak kemana-mana.Jadi kita lakukan pemusnahan dengan disaksikan oleh pihak keamanan,dalam hal ini pihak kepolisian.Memastikan bahwa ini memang benar-benar kita musnahkan,”kata Muhammad.

Ratusan E-KTP dimusnahkan dengan cara dibakar

Hal tersebut juga diharapakan pihak Disduk Capil Lingga,agar tidak terjadi seperti kejadian tercecernya E-KTP dibeberapa daerah di Indonesia,beberapa waktu lalu.
“Kita mengharapkan tidak terjadi kejadian beberpa waktu yang lalu,seperti kita saksikan di tv,berceceran.Kita berharap di Lingga tidak terjadi hal demikian.Sehingga safetynya,pengamanannya benar-benar kita amankan.Demikian juga selama ini,kita diminta menyimpan sesuai dengan petunjuk.Awalnya kita diminta untuk memotong,sudah dipotong,”jelas Kabid Pendataan Penduduk Disduk Capil Kabupaten Lingga ini.
Muhammad juga menambahkan kalau pihaknya akan melakukan pembakaran E-KTP pada setiap hari kerjanya.
“Untuk jumlah keseluruhannya belum dapat saya pastikan.Karena kita diminta untuk menginput data.E-KTP nya masih banyak yang rusak.Jadi kemungkinan setiap hari kerja,kita lakukan pemusnahan pada E-KTP yang kategorinya rusak.Cuma kita terkendala dengan operator yang bertugas mengupload data.Cuma ada 1 orang,”kata Muhammad.(Im).

Read Previous

Disbud Lingga "berburu" benda cagar budaya di Dabo

Read Next

Dua puluh delapan wartawan,akan "bertarung" di UKW Dabo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *