Tempuh Jalur Darat Dan Laut, Polsek Singkep Barat Serahkan Bantuan Untuk Warga Isolasi Mandiri

Lingga93 Views
banner 468x60

Selingga.com (12/04) Singkep Barat. Polsek Singkep Barat memberikan bantuan paket sembako kepada 150 orang warga yang menjalani isolasi mandiri, pada Sabtu (12/04) tadi. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh pihak Kecamatan Singkep Barat dan pustu yang ada di desa masing-masing. Kapolsek Singkep Barat, Iptu Idris, mengatakan kalau 150 warga tersebut, sebelumnya baru datang dari beberapa kota dan juga luar negeri.

“Tujuan kegiatan pada hari ini, untuk memberikan sembako kepada warga yang datang dari luar daerah, khususnya Kecamatan Singkep Barat, yang datang dari berbagai daerah seperti dari Jakarta, Batam, Tanjungpinang, bahkan dari Malaysia, yang sudah kita lakukan isolasi sebanyak 150 orang. Sembako ini akan kita serahkan sebanyak 150 kepada masyarakat yang baru masuk tersebut,” kata Iptu Idris.

 

Kapolsek Singkep Barat ini juga mengatakan kalau saat itu, mereka telah mendistribusikan bantuan kepada 5 desa yang ada di wilayah hukum Polsek Singkep Barat.

“Tujuan kami agar masyarakat yang menerima tidak keluar dari rumah dan tetap mengisolasikan dirinya selama 14 hari. Insya Allah, kita akan memberikan lagi kedesa-desa yang lain. Untuk hari ini, sekitar 5 desa, yaitu Desa Sungai Buluh, Desa Kuala Raya, Desa Tinjul, Desa Bakong dan Desa Tanjung Irat. Keseluruhannya kami akan memberikan bantuan kepada 11 desa dan 1 kelurahan,” terang Kapolsek Singkep Barat ini.

Iptu Idris juga mengatakan kalau mereka juga berkoordinasi dengan pihak kesehatan, terkait dengan pengawasan warga saat menjalani masa isolasi mandiri tersebut.

 

“Dalam masa karantina, kami berkoordinasi dengan pihak kesehatan, untuk tetap dilakukan pengawasan, serta berkoordinasi dengan pihak kecamatan. Kebetulan pak camat hadir bersama-sama kami, memberikan sembako pada hari ini. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki sanak family atau saudara, kami dari Polsek Singkep Barat dan Kecamatan Singkep Barat, agar tidak keluar rumah dan menahan diri selama 14 hari selama isolasi diri,” kata Iptu Idris.

Baca juga :   SMA Negeri 1 Singkep Berikan Piagam Penghargaan kepada Wartawan

Sementara itu, Camat Singkep Barat, Febrizal Taufik, memberikan apresiasinya kepada pihak Polsek Singkep Barat, terkait pembagian bantuan paket sembako tersebut. Saat pemberian bantuan sembako tersebut, pihak Kecamatan Singkep Barat memberikan bantuan masker dan membawa serta alat pengukur suhu tubuh, untuk melakukan pengecekkan kepada warga.

“Terimakasih kepada pihak Polres Lingga, yang dipimpin oleh Bapak AKBP Boy Herlambang, yang dengan arahannya ke jajarannya, terutama Polsek Singkep Barat, yang telah melakukan giat yang luar biasa. Kami bangga apa yang telah dilakukan Polsek Singkep Barat, benar-benar tepat sasarannya. Karena saya mengikuti dari pagi sampai sore ini, kita masih dilapangan, dalam pelaksanaan pembagian sembako,” kata Febrizal Taufik.

Febrizal Taufik juga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak kesehatan, yang ikut membantu dalam pengecekkan suhu tubuh warga.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah ikut hadir, seperti dari kesehatan, Pustu, dalam upaya pengecekkan suhu-suhu masyarakat, dan juga Babinsa, Danpos, yang ikut hadir mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada di wilayah Singkep Barat ini,” tambah Camat Singkep Barat.

Sedangkan, Septiani (20), mahasiswi dari salahsatu Perguruan Tinggi di Yogyakarta, mengaku kalau dari tanggal 28 lalu, dirinya telah melakukan isolasi mandiri.

“Sekitar tanggal 28 Maret 2020. Di rumah hanya bersih-bersih rumah saja, tidak keluar kemana-mana. Saya hari ini terakhir isolasi mandiri. Saya kuliah di Yogyakarta. Saya pulang, karena dari kampus menerapkan kuliah secara online,” kata Septiani.

Pemberian paket sembako saat itu, dimulai dari pukul 08.00 wib. Pemberian awal dilakukan di sekitar Desa Sungai Buluh, kemudian dilanjutkan ke Desa Kuala Raya, dan Desa Tinjul, dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Dari Desa Tinjul, perjalanan dilanjutkan ke Desa Bakong, dengan menggunakan transportasi air, speedboat. Setelah melakukan pembagian di Desa Bakong, rombongan Polsek Singkep Barat dan Kecamatan Singkep Barat, bergerak ke Desa Cukas. Walaupun akses jalan darat yang tidak begitu baik, rombongan tetap membawakan bantuan sembako, dengan menggunakan kendaraan roda dua. Setelah memberikan bantuan sembako dan himbauan terkait penanganan virus corona kepada masyarakat yang ada, rombongan kembali lagi ke Desa Bakong, dan seterusnya bergerak pulang ke Polres Singkep Barat. Pemberian bantuan sembako akan dilanjutkan pada lain harinya. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *