Tuan S, Warga Singkep Terkonfirmasi Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Lingga57 Views
banner 468x60

Selingga.com (06/02) Dabo. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kasus bernomor 049 atas nama Tuan S (53) telah dinyatakan meninggal dunia. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupten Lingga, Wirawan Trisna, ketika ditemui saat berlangsungnya proses pemulasaran Tuan S, pada Sabtu (06/02) tadi di ruang isolasi siaga darurat Covid-19 Kabupaten Lingga di Pagoda Dabo Singkep, mengatakan pemulasaran jenazah dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

“Hari ini kita ada penambahan satu kasus positif, kasus nomor 049. Yang bersangkutan telah dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis RSUD Dabo Singkep, maka sesuai dengan standar operasional prosedur, pemulasaran jenazahnya kita lakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan,” kata Wirawan Trisna.

Selanjutnya Wirawan Trisna mengatakan kalau jenazah Tuan S dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupten Lingga, Wirawan Trisna

“Pemakamannya kita lakukan di Tempat Pemakaman Umum. Sesuai dengan peraturan, pasien yang terindikasi Covid-19 boleh dilakukan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum,” kata Wirawan Trisna.

Terkait dengan adanya penambahan kasus Covid-19 tersebut, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga ini mengimbau kembali masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Tuan S, Warga Singkep Terkonfirmasi Positif Covid-19 Meninggal Dunia

“Dengan adanya penambahan ini, kita tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Lingga agar selalu mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, cuci tangan menggunakan sabun, dan menggunakan masker, serta jangan takut untuk divaksinasi karena vaksinasi telah dinyatakan aman dan halal oleh Pemerintah Republik Indonesia,” kata Wirawan Trisna.

Wirawan Trisna menambahkan kalau saat ini dari total 49 kasus Covid-19 di Kabupaten Lingga, telah ada 3 pasien yang meninggal dunia.

“Sampai hari ini dengan adanya kasus yang meninggal, dengan adanya penambahan 1 kasus, maka kasus yang meninggal dari total 49 kasus Covid-19 berarti 3 orang,” kata Wirawan Trisna.

Baca juga :   Terima Bantuan Bahan Pokok Dari Polsek Dabo, Syahnilawati Tahan Tangis Haru

Terkait dengan kontak erat tuan S, Wirawan Trisna mengatakan kalau pihaknya akan melakukan penelusuran.

“Untuk kontak erat sedang kita telusuri, baik dari keluarga, rekan kerja maupun tetangga akan segera kita lakukan tracking oleh Tim Surveilen dari Puskesmas ataupun Dinas Kesehatan. Apabila ada indikasi, akan kita lakukan pengambilan swab terhadap mereka yang ada kontak erat dengan pasien Covid-19 ini,” kata Wirawan Trisna.

Tuan S, Warga Singkep Terkonfirmasi Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Sementara itu, kasus positif nomor 049 atas nama Tuan S (53) berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Singkep, yang bersangkutan kontak pelaku perjalanan dari wilayah transmisi lokal Pekanbaru. Kemudian timbul gejala pada 31 Januari 2021 berupa batuk, sesak napas, riwayat hipertensi, dan pneumonia, kemudian dilakukan rapid tes Antigen dengan hasil reaktif. Kemudian dilakukan pengambilan SWAB RT-PCR. Hasil RT-PCR BTKLPP Kelas I Batam menunjukan positif Covid-19. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *