Wakapolri Dianugerahi Gelar Datok Seri Sakti Bhayangkara Utama

Lingga143 Views
banner 468x60

Selingga.com (03/02) Tanjungpinang. Dalam kunjungannya kewilayah hukum Polda Kepri, Wakapolri, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., dianugerahkan gelar Datok Seri Sakti Bhayangkara Utama oleh Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kesultanan Riau-Lingga, LAM Kepri serta LAM Riau di Aula Wan Seri Bintan Dompak Tanjungpinang. Penabalan atau penobatan gelar ini disaksikan langsung oleh 17 kerajaan dan Kesultanan Melayu termasuk kesultanan dari Johor-Malaka Malaysia juga turut menyaksikan pada Sabtu (3/2/2024).

Kegiatan adat yang suci dan penuh hikmat ini dihadiri oleh Dankor Brimob Polri, Komjen Pol. Drs. Imam Widodo S.H., M.H., As, SDM Polri, Irjen Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Wairwasum Polri, Irjen Pol DR. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si, Kapusdokkes Polri, Irjen Pol DR. Asep Hendradiana, Sp. An., KIC., M. Kes, Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, M.H., Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan F, S.I.K., M.H., Karowasiddik Bareskrim Polri, Brigjen. Pol Iwan Kurniawan, S.I.K., M.Si., Auditor Utama Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs. Mashudi, Wakapolda Kepri, Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI, Agus Hariandi.M.Han. Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Kabinda Kepri, Brigjen TNI Bonar Panjaitan,.SE,.M.Si., Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP., Pejabat Walikota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos., Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustokoweni, S.H., Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Lanna Hany Wanike Pasaribu, S.H., M.H., Dandim 0315/Tanjungpinang, Letkol Inf Eka Ganta Candra, S.IP, M.IP., Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.Ik., M.Si., Danlanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Triwibowo, Danlanud RHF Kolonel PNB Andi Nur Abadi,. S.T,.M.M., Kesultanan Singapura, Dato Rm. Khalid, Sri Paduka Raja XII Kerajaan Rantau Kampat Kiri, Tengku Heryanto, Ketua Kekerabatan Resam Kerajaan Indragiri, H. R. Maizir Mit, Kekerabatan Resam Kesultanan Siak Sri Indrapura, T. Mujammad Toha, Ketua Umum MKA LAMR Prov Riau, Datuk Seri H. R. Marjogan Yusuf, Ketua Umum DPH LAMR Prov Riau, Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil, Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Tyt Tun Tan Sri Dr. H. Mohd Ali BIN Mohd Rustam, Ketua Dunia Melayu Islam Indonesia, Said Aldi Alidrus.

Baca juga :   Rokok Polos Beredar ...

Dalam amanatnya Wakapolri, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., mengatakan kalau dirinya akan menjunjung tinggi amanah yang telah diberikan tersebut.

“Tuan-tuan tokoh masyarakat, alim ulama cerdik pandai, serta encik-encik, tuan-tuan, puan-puan para undangan yang berbahagia, perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang tulus ikhlas kepada Lembaga Adat Melayu Kepulauan Riau, Lembaga Adat Melayu Riau, dan Perhimpunan Zuriat Agung dan Kerabat Kesultanan Riau Lingga, yang telah dengan tulus ikhlas juga menganugerahkan gelar Datok Seri Sakti Bhayangkara Utama kepada saya. Walaupun terasa berat gelar ini pada pundak saya, Insya Allah akan tetap saya dan keluarga menjunjungnya, karena gelar adat ini adalah sebuah amanah bagi saya dan keluarga, seperti kata para tetua Melayu,” kata Wakapolri ini.

Wakapolri juga menambahkan kalau penganugerahan tersebut juga menjadikan dirinya bagian dari masyarakat Melayu itu sendiri.

“Dengan telah ditabalkannya saya sebagai Datok Seri Sakti Bhayangkara Utama, maka dengan sendirinya saya sudah pula menjadi bagian satu kesatuan dalam komunitas Masyarakat Melayu. Gelar Datok yang saya sandang sebagai sebuah kemuliaan yang melekat pada nama batang tubuh saya, saya percaya dalam gelar kebesaran adat ini terkandung do’a dan harapan semoga serinya menjadi tuah bagi saya sekeluarga, dan bagi masyarakat Kepulauan Riau,” tutur Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.

Wakapolri Dianugerahi Gelar Datok Seri Sakti Bhayangkara Utama. (foto : istimewa)

Dalam doorstopnya Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., kepada rekan-rekan media menyampaikan bahwa penganugerahan itu juga menjadi sejarah dalam kunjungan kerjanya di Kepri.

“Hal ini tentunya menjadi sejarah bagi kami dalam rangka kunker ke Polda Kepulauan Riau. Kami datang melaksanakan kunjungan sekaligus pengecekan kegiatan bakti sosial, bakti kesehatan yang menjadi orogram kerja Bapak Kapolri, yang dilaksanakan oleh Polda Kepri sudah terlaksanakan dengan kerja sama serta sinergitas Forkopimda dan stakeholder terkait dalam rangka Cooling System menuju Pemilu 2024. Sebentar lagi kita juga akan melaksanakan Pemilu 2024, kami menghimbau kepada masyarakat khususnya Kepuluan Riau perbedaan dalam pemilihan dan pendapat jangan dijadikan tujuan untuk kita terpecah belah. Mari kita wujudkan Indonesia Emas 2045 dengan Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi, Sinergitas dan Soliditas bersama sehingga Indonesia Emas 2045 bisa kita wujudkan bersama,” kata Wakapolri ini.

Baca juga :   Berkunjung ke Objek Wisata "Benteng Lekuk" Desa Mepar

Adapun penyampaian dari Ketua Lembaga Adat Melayu Kepulauan Riau, Datok Seri Setia Utama, H. Abdul Razak, AB, menyampaikan kalau pemberian gelar tersebut agar kiranya dapat dijaga dengan sebaik-baiknya.

“Kegiatan pada hari merupakan sejarah baru yang kita berikan gelar kebesaran adat kepada bapak Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. Inti dari penobatan ini yaitu untuk menjaga dan memelihara kedamaian serta juga menjadi gelar yang tertinggi. Harapan kami semoga gelar yang diberikan ini dapat dijaga sebaik-baiknya dan menjadikan pemicu untuk beliau membantu Kepulauan Riau kedepannya,” kata Abdul Razak.

Selanjutnya penyampaian dari Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Datok Seri H.R. Marjohan Yusuf, menyampaikan kedepannya diharapkan hak-hak masyarakat Melayu dapat diperjuangkan

“Dalam penganugrahan gelar adat yang diberikan oleh LAM Kepri ini kami LAM Riau berkewajiban penuh membantu, dan tentu penganugrahan itu penuh dengan kenyataan dan pengharapan. Semoga kedepannya kami berharap beliau dapat membela hak-hak masyarakat Melayu yang ada di Indonesia yang kita cintai ini,” kata Marjohan Yusuf.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., mengingatkan untuk sama-sama tetap ikut mensukseskan Pemilu 2024 ini.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2024 yang tinggal 11 hari lagi dan jangan mudah percaya dengan berita yang tidak benar atau hoax, guna menjaga situasi kamtibmas menjelang Pemilu menjadi aman dan kondusif. Untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat kejahatan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau Unduh Aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.” himbau Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si. (Red/Rls).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *