Workshop Jurnalis Perbatasan, Bupati Karimun Berikan Respon Positif

Selingga.com (21/01) Karimun. Kegiatan workshop jurnalis bertajuk, “Penguatan Wartawan dalam Menjaga Wilayah Maritim Melalui Pelatihan Jurnalistik Berwawasan Kebangsaan” yang akan digelar nantinya di Tanjungbalai Karimun, pada Juni 2020 mendatang, direspon positif oleh Bupati Karimun, Aunur Rafik. Respon positif dari orang nomor satu di Karimun itu, terlihat saat menerima kunjungan silaturahmi Tim Penguji UKW (Uji Kompetensi Wartawan) UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta di rumah dinasnya, pada Sabtu 18 Januari 2020 tadi.
“Kami senang karena Karimun dipilih menjadi salah satu tempat kegiatan workshop jurnalis perbatasan ini,” kata Aunur Rafiq.
Selain itu, Bupati Aunur Rafiq juga mengatakan kalau pihaknya akan mendukung in house training hasil kerja sama antara UPN Veteran Yogyakarta dan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serika di Indonesia itu.
“Kami mendukung workshop UPN Veteran ini karena akan dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman para wartawan di Karimun mengenai kemaritiman berwawasan kebangsaan,” kata Aunur Rafiq.
Tidak hanya sebatas mendukung, Anuar Rafiq juga dijadwalkan akan tampil sebagai keynote speaker pada jalannya kegiatan In House Training Jurnalis nantinya.
“Meskipun para pesertanya para alumni UKW UPN Veteran, kalau ada sisa kuotanya, mohon diberi kesempatan untuk wartawan Karimun,” ujar Bupati Karimun itu lagi.
Sementara itu, Dra. Susilawati D.N., M.Si., selaku Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, mengapresiasi terhadap respon positif dari Bupati Karimun itu.
“Kami berterima kasih atas respon positif Bupati Karimun, tidak hanya bersedia untuk menjadi keynote speaker, tapi Bupati Aunur Rafiq juga berkomitmen untuk membantu workshop, sekali lagi terima kasih,” kata Susilawati.
Susilastuti juga menjelaskan kalau para peserta In House Training nantinya, diutamakan wartawan di Provinsi Kepri, sebagai salah satu wilayah perbatasan Indonesia yang pernah menempuh UKW melalui UPNVY.
“Tapi tidak menutup kemungkinan wartawan yang pernah ikut UKW di tempat lain,” kata Susilastuti.

Bupati Karimun, Aunur Rafik menerima kunjungan silaturahmi Tim Penguji UKW (Uji Kompetensi Wartawan) UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta di rumah dinasnya. (Foto : istimewa)

Susilastuti menambahkan, out put dari kegiatan ini di antaranya adalah meningkatkan kemampuan wartawan tentang standar penulisan terkait dengan masalah security maritim yang berwawasan kebangsaan sesuai dengan standar profesional.
Selain itu juga untuk memperkuat pengetahuan wartawan tentang fakta atau peristiwa yang mengarah pada disinformasi terkait dengan persoalan menjaga keamanan kemaritiman. Serta, memperkuat pengetahuan wartawan tentang pentingnya wawasan kebangsaan.
“Jadi, in house training ini akan kita laksanakan di tiga tempat, pertama di Tanjungpinang, kemudian di Karimun, dan penutupan di Natuna,” tambah Susilastuti.
Silaturahmi saat itu, dari Tim UPN Veteran Yogyakarta hadir
Direktur UKW (Uji Kompetensi Wartawan) UPN Veteran Yogyakarta, Dra. Susilastuti D.N., M.Si. yang didampingi oleh penguji UKW UPN Veteran Yogyakarta, DR. Agung Prabowo, M.Si., Saibansah Dardani, S.Ag., dan Drs. Nurgianto. Selain itu, juga didampingi oleh para wartawan alumni UKW UPN Veteran Yogyakarta di Karimun, Rusdianto, Ernes, Tri Haryono, dan Fredy. (Rilis).

Read Previous

Rony Kurniawan Minta Kejelasan Legalitas Perusahaan Tambang

Read Next

Sempat Tertunda, Pelaksanaan MTQ VIII Kecamatan Singkep Akan Dilaksanakan 11 Februari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *