Aksi KePAL Di Trekking Bintan Camteras 3

Lingga208 Views
banner 468x60

Komunitas Pecinta Alam Lingga atau yang sering disebut KePAL baru-baru ini mengunjungi Bintan. Agenda yang dilaksanakan adalah penyerahan sumbangan benih beberapa jenis tanaman hutan tropis atau dalam bahasa lainnya Dipterocarpaceae.
Penyerahan sumbangan benih ini sebagai bentuk kepedulian terhadap alam yang menjadi bagian dari segudang rangkaian yang dilaksanakan oleh salah satu KPA Bintan yaitu Camteras.

Penyerahan beniholeh Zandi dari Divisi Perlengkapan dan Peralatan KePAL kepada Fauzi Fahmi  Ketua Camteras.
Penyerahan beniholeh Zandi dari Divisi Perlengkapan dan Peralatan KePAL kepada Fauzi Fahmi Ketua Camteras.

Penyerahan benih tumbuhan tersebut dilakukan oleh Zandi dari Divisi Perlengkapan dan Peralatan KePAL dan diterima langsung oleh Fauzi Fahmi selaku Ketua Camteras. Penyerahan secara simbolik pada pusat kegiatan TBC 3 di Taman Kota Sri Kuala Lobam, Bintan pada hari Sabtu 25/03/2017 kemarin.
Camteras sendiri yang baru berusia 3 tahun sangat mengharapkan dukungan untuk kegiatan kepedulian terhadap lingkungan terutama benih tanaman hutan tropis.
Komunitas Pecinta Alam Lingga (KePAL)
Komunitas Pecinta Alam Lingga (KePAL)

“Kami sangat membutuhkan dukungan dan partisipasi terutama untuk kegiatan penanaman di hutan lindung untuk itu kami menghubungi sahabat-sahabat dari KePAL yang terlebih dulu eksis dalam kegiatan konservasi alam.” Meskipun masih sangat awam dengan jenis tanaman hutan tropis tapi Fauzi yakin dapat berbagi pengetahuan dengan KePAL. ” kedepannya kami akan terus belajar dengan pihak KePAL dan pihak manapun yang konsisten dengan kegiatan konservasi alam,” lanjutnya.
Di tempat yang sama, Zandi dari Divisi Perlengkapan KePAL menyampaikan benih tanaman tersebut hasil semaian sendiri “benih-benih tersebut kami ambil dari beberapa kawasan hutan lindung di Lingga untuk disemai kemudian ditanam kembali ke hutan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk perbaikan DNA tanaman, Enrichment Planting maupun untuk keperluan lain di hutan Kabupaten Lingga. ” Benih-benih tersebut diperoleh saat melakukan aktifitas trekking bersama anggota KePAL. “Benih-benih ini kami kumpulkan semasa melakukan trekking ke beberapa belahan hutan lindung di Lingga untuk disemai kemudian ditanam kembali ke hutan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk perbaikan DNA tanaman, Enrichment Planting maupun untuk keperluan lain di hutan Kabupaten Lingga. ” Benih-benih tersebut diperoleh saat melakukan aktifitas trekking bersama anggota KePAL. “Benih-benih ini kami kumpulkan semasa melakukan trekking ke beberapa belahan hutan di Lingga, kemudian di semai. Kebetulan pihak Camteras melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penghijauan, kami dengan senang hati berbagi kepada sesama KPA,” tutupnya.
Sementara itu Sucipto Ketua KePAL saat dikonfirmasi menyampaikan dukungan dengan kegiatan TBC 3,” saya memberikan apresiasi terhadap pemuda-pemudi yang aktif dalam kegiatan. TBC 3 yang sangat positif yaitu berupaya menghijaukan kembali alam. Saya bersama 6 anggota KePAL sengaja datang untuk satu tujuan yaitu berbagi pengalaman tentang penghijauan alam sekaligus belajar dari Camteras Bintan yang punya banyak pengalaman dalam mengadakan event besar seperti ini.”

banner 325x300
Baca juga :   Dinas Kesehatan berburu sample zat kimia di pasar Dabo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *