Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Gelar Seleksi Lomba Bercerita Tingkat Korwil

Lingga50 Views
banner 468x60

Selingga.com (27/01) Senayang. Untuk meningkatkan daya baca serta minat baca anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar Seleksi Lomba Bercerita tingkat Korwil. Kegiatan yang mulai dilaksanakan pada Selasa (26/01) tadi dimulai dari Korwil Temiang Pesisir dan Katang Bidara. Kabid Pengelolaan, Layanan dan Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga, Baby Susanti, saat ditemui usai kegiatan saat itu mengatakan kalau kegiatan tersebut juga merupakan agenda nasional.

“Kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga melaksanakan Seleksi Lomba Bercerita tingkat Korwil se-Kabupaten Lingga ini bertujuan untuk meningkatkan daya baca, minat baca anak, dan membangun karakter anak, serta untuk mencintai budaya kita. Ini juga merupakan agenda nasional, Perpustakaan Nasional Indonesia setiap tahunnya,” kata Baby Susanti.

Kabid Pengelolaan, Layanan dan Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga, Baby Susanti

Baby Susanti berharap dengan digelarnya lomba bercerita anak-anak tingkat SD tersebut, dapat membangun karakter dan mencari bakat-bakat anak didik. Selain itu juga diharapkan Kabupaten Lingga bisa mewakili Provinsi Kepri nantinya.

“Harapan kita mudah-mudahan dengan adanya seleksi di tingkat Korwil, dapat membangun karakter anak dan mencari bakat-bakat mereka serta akan adanya persaingan yang ketat di tingkat kabupaten. Harapan kita ke depannya mudah-mudahan Kabupaten Lingga juga bisa mewakili Kepulauan Riau nantinya di tingkat nasional dan menjadi pemenang. Karena ini juga merupakan agenda nasional. Alhamdulillah kita kerja sama dengan pihak Korwil dalam membangun karakter anak di tingkat ini,” jelas Baby Susanti.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Gelar Seleksi Lomba Bercerita Tingkat Korwil

Selain menggelar kegiatan seleksi bercerita anak, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga saat itu juga menggelar buka lapak berupa pelayanan perpustakaan langsung.

“Dengan kegiatan seleksi di tingkat korwil ini, kami sejalankan juga dengan kegiatan buka lapak pelayanan perpustakaan langsung. Ini bertujuan untuk membuka wawasan anak untuk membaca di tempat. Mudah-mudahan bisa memancing pihak sekolah untuk membuka kembali dan memberdayakan perpustakaan sekolah,” kata Baby Susanti.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Gelar Seleksi Lomba Bercerita Tingkat Korwil

Terkait dengan perpustakaan, Baby Susanti berharap pihak sekolah bisa mengisi perpustakaan sekolah dengan cara peminjaman buku ke mereka.

“Selanjutnya kami bisa bekerja sama dengan pihak sekolah agar dapat mengisi perpustakaan mereka atau menambah bahan bacaan mereka dengan cara meminjam untuk waktu 3 bulan. Kita harapkan sekolah bisa memanfaatkan apa yang kita punya dan bisa dimulai dengan menyurati kami,” terang Baby Susanti.

Baby Susanti juga meminta korwil-korwil yang ada di Kabupaten Lingga agar bisa mendukung kegiatan yang ada untuk ke depannya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Gelar Seleksi Lomba Bercerita Tingkat Korwil

“Kita jadikan perpustakaan sebagai pusat literasi dan meningkatkan karakter anak dalam membangun manusia seutuhnya. Itu juga merupakan cita-cita bangsa kita, seperti yang tertulis di UUD 45 untuk menjadikan bangsa kita ke depannya sebagai bangsa yang utuh dan bisa bersaing seperti ini serta bisa bangkit ekonominya dalam keadaan masa pandemik Covid seperti saat ini dengan memanfaatkan perpustakaan. Korwil-korwil yang lainnya kita harap bisa juga mendukung kegiatan kami ke depannya,” papar Baby Susanti.

Sementara itu, Salihin selaku Korwil Pendidikan untuk Kecamatan Temiang Pesisir dan Kecamatan Katang Bidara, mengatakan kalau pihaknya mendukung kegiatan yang ada. Salihin juga berharap minat baca anak akan meningkat nantinya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Gelar Seleksi Lomba Bercerita Tingkat Korwil

“Kami dari Dinas Pendidikan, khususnya Korwil untuk Kecamatan Temiang Pesisir dan Katang Bidara sangat mendukung kegiatan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lingga. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, minat baca dari anak-anak pelajar kita akan lebih tinggi lagi,” kata Salihin. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *