Gelar Karya P5 di SMA Negeri 2 Singkep

Lingga1115 Views
banner 468x60

Selingga.com (28/01) Dabo. Setelah melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kewirausahaan” selama dua minggu, SMA Negeri 2 Singkep menyelenggarakan kegiatan puncaknya, yaitu Gelar Karya P5 pada Jumat, 26 Januari 2024 di halaman upacara SMA Negeri 2 Singkep. Elsusanti, S. E. sebagai Waka Kurikulum dan Koordinator Kegiatan P5 saat itu mengatakan kalau digelarnya kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter para siswa peserta didik mereka.

“Adapun tujuan dari kegiatan P5 ini adalah untuk membentuk karakter siswa, bagaimana mereka bisa bekerja sama, bergotong royong, dan kreatif sesuai dengan yang ada pada Profil Pelajar Pancasila itu sendiri,” kata Elsusanti.

Pelaksanaan kegiatan ini sudah dimulai pada Senin, 15 Januari 2024 lalu. Pada minggu pertama, setelah acara pembukaan, dilanjutkan pengisian materi mengenai daur ulang sampah oleh Rangga Setiadji, S.Sos. Kemudian di hari selanjutnya, peserta didik kelas X melaksanakan gotong royong untuk menata dan mempercantik kelas mereka, baik dalam ruangan maupun taman depan kelas, dan lingkungan sekitarnya.

“Hari ini (Jumat, 26/01), kami melaksanakan kegiatan Gelar Karya dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kewirausahaan. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 15 Januari 2024, dimulai dengan pembukaan, penyampaian materi bagaimana siswa mengolah limbah yang ada di lingkungan, peduli terhadap lingkungan, dan siswa juga melaksanakan projek bagaimana mereka bisa menata kelas, menata taman, serta bagian dokumentasi dalam kegiatan tersebut,” kata Elsusanti.

Pada minggu kedua, tepatnya mulai 22 Januari 2024, kegiatan P5 dilanjutkan dengan pembuatan kriya dan karya dari sampah yang bisa didaur ulang oleh peserta didik kelas X. Selanjutnya, pada Rabu, 24 Januari 2024, seluruh peserta didik kelas X bersama wali kelas X, dan beberapa guru pendamping, termasuk Waka Kesiswaan, serta Waka Humas melaksanakan gotong royong di Pantai Indah Sergang, Kecamatan Singkep, dengan bantuan transportasi dari Polres Lingga, sedangkan peserta didik kelas XI dan XII bersama guru lainnya, bergotong royong di lingkungan SMA Negeri 2 Singkep.

Gelar Karya P5 di SMA Negeri 2 Singkep

“Pada Rabu kemarin kita juga telah melaksanakan kegiatan bakti, gotong royong di Pantai Sergang dan di lingkungan sekolah,” kata Elsusanti.

Adapun acara puncak pada hari ini, diisi dengan berbagai kegiatan. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Profil Pelajar Pancasila, lalu tari persembahan oleh anggota Sanggar Tari SMA Negeri 2 Singkep, binaan Ferry, S. Pd., dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh peserta didik kelas X, dan kata sambutan dari Kepala SMA Negeri 2 Singkep yang diwakili oleh Waka Kurikulum sekaligus Koordinator Kegiatan P5, yaitu Elsusanti, S. E.

“Harapan di masa yang akan datang, kami berharap siswa-siswi SMA Negeri 2 Singkep memiliki karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan tema yang diajarkan berikutnya,” kata Elsusanti.

Selain itu, ada beberapa penampilan seni dan budaya, serta stan-stan penjualan beraneka ragam kuliner, di antaranya tampilan pembacaan Gurindam 12 oleh peserta didik kelas X, di bawah binaan Sri Wahyuni, S. Pd., tari Zapin Kreasi oleh gabungan peserta didik kelas X, XI, dan XII, binaan oleh Ferry, S. Pd., berbalas pantun, serta pembacaan syair dari peserta didik kelas X, binaan Feby Sarianty, S. Sos, dan nyanyian solo lagu Melayu oleh peserta didik kelas X juga, dilanjutkan dengan tari Zapin Berpasangan yang dibawakan oleh gabungan peserta didik kelas XI dan XII.

Gelar Karya P5 di SMA Negeri 2 Singkep

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kunjungan para tamu undangan ke stan-stan kuliner yang disediakan oleh seluruh peserta didik SMA Negeri 2 Singkep, mulai dari kelas X hingga kelas XII. Adapun tamu undangan yang menghadiri kegiatan ini, di antaranya Kepala Komite SMA Negeri 2 Singkep, Pengawas Sekolah Provinsi Kepulauan Riau daerah Kabupataen Lingga, Kepala KUA Kecamatan Singkep, Kepala SMP dan SMA sederajat se-Kecamatan Singkep, para orang tua siswa kelas X, peserta didik dan guru pendamping perwakilan dari SMP N 1 Singkep, SMP N 2 Singkep, dan MTs NL ingga, dan para guru, staf TU, dan seluruh peserta didik SMA Negeri 2 Singkep, serta tamu undangan lainnya.

Sebagai penutup kegiatan, diumumkan untuk juara kelas terbaik, terkreatif, dan terkeren, yaitu masing-masing dari kelas XB, XA, dan XC. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *