Hadirkan Anwar, Hadi Maulana dan Bagas, Peserta Kemah Literasi Digital Gali Ilmu Jurnalis

Lingga72 Views
banner 468x60

Selingga.com (20/10) Dabo. Menghadirkan tiga narasumber yang berkopenten di bidangnya, jalannya kegiatan Kemah Literasi Digital pada Sabtu (19/10) tadi di Pantai Wisata Batu Berdaun, Desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, berjalan dengan lancar dan antusias dari pesertanya. Peserta yang terdiri dari adik-adik pramuka perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga ini, terlihat larut dalam materi dan praktek yang dibawakan oleh Anwar Sadat selaku Pemred di KABARBATAM.com. Selain Anwar, Hadi Maulana dari KOMPAS.com turut ambil bagian di kegiatan tersebut. Jalannya Kemah Literasi Digital saat itu juga diramaikan oleh Bagas, dari Metro TV.
“Alhamdulillah kegiatan Kemah Literasi Digital, kerja sama Kwarcab Lingga dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lingga, telah memasuki hari kedua pada hari ini dengan berjalan lancar, aman dan terkendali. Alhamdulillah adik-adik kita mendapatkan ilmu yang terbaik, terutama dalam membaca atau menulis sesuatu persoalan yang memang menjadi isu,” kata Ka Kwartir Cabang Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam kepada pihak media saat itu.

Ka Kwartir Cabang Kabupaten Lingga, Drs.Junaidi Adjam (tengah)

Junaidi berharap kegiatan yang ada, bisa memberikan dampak positif terhadap para peserta.
“Harapan kita kedepannya, kegiatan serupa ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan di bidang kepramukaan umumnya dan bidang pendidikan. Karena anak-anak yang tergabung dalam kegiatan ini adalah anak-anak pelajar. Harapan kita juga, kegiatan ini dari segi waktu dan volumenya akan kita perbesar. Mudah-mudahan melalui MoU kita dengan PWI Kabupaten Lingga, kedepannya ini akan terjalin lebih baik lagi,” harap Junaidi.
Jurnalis KOMPAS.COM ,Hadi Maulana saat memberikan materi teknik foto

Ka Kwartir Cabang Kabupaten Lingga ini juga memberikan apresiasi kepada pihak PWI Lingga, yang telah tampil mensupport kegiatan yang ada.
“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan yang tergabung di dalam PWI Kabupaten Lingga, yang telah mensupport kegiatan ini dengan mendatangkan para narasumber yang kompeten di bidangnya, dan adik-adik kita mendapatkan ilmu. Yang mungkin selama ini, mereka tidak sejauh itu memahami dunia jurnalistik. Ketika datang beberapa teman-teman dari media ternama di nasional, ini akan memperdalam ilmu mereka, wawasan mereka, bagaimana cara membaca dan menulis sesutu pemberitaan sehingga tidak di anggap berita yang hoax,” kata Junaidi.
Pimred KABARBATAM.COM, Anwar Sadat

Sedangkan dalam jalannya kegiatan Kemah Literasi Digital tersebut, selain dalam bentuk pemaparan, tiga nara sumber yang ada juga memberikan praktek langsung kepada para peserta. Peserta juga diminta untuk mewawancarai narasumber.
Dihadapan para peserta Kemah Literasi Digital saat itu, Anwar Sadat mengenalkan konsep dasar penulisan sebuah berita. Dengan menayangkan potongan-potongan berita dari beberapa media, Anwar Sadat menerangkan apa itu berita. Selain itu, Anwar juga menyampaikan tentang konsep 5W+1H.
Jurnalis KOMPAS.COM ,Hadi Maulana

Sedangkan Hadi Maulana, dengan tampilan dan bahasa yang sederhana, coba memaparkan beberapa tahapan dalam pengambilan sebuah foto. Dari mulai pengambilan angle sebuah foto, sampai dengan perangkat pendukung dan cara penggunaannnya dalam peliputan yang ada. Tidak hanya itu, semua peserta juga diminta langsung praktek dan memperlihatkan hasil fotonya untuk sama-sama dibahas kemudian.
Jurnalis Metro TV, Bagas

Bagas tampil dengan mengusung format berita televisi seperti soud on tape, voice over sound on tape, package, live by phone, sampai dengan berita biasa atau hard news dan straight news. Sebelumnya juga telah dipaparkan jenis berita televisi yang terdiri dari hard news, soft news dan feature. Tidak hanya itu, Bagas juga menerangkan cara penyuntingan gambar, yang terdiri dari angle camera atau komposisi camera dan juga pergerakan camera.
Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, menyempatkan hadir di Kemas Literasi Digital tersebut

Sementara itu, Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T menyempatkan hadir pada jalannya kegiatan Kemah Litersi Digital tersebut. Kapolres Lingga ini melakukan dialog singkat kepada para peserta yang ada. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Lingga Pecahkan Rekor MURI dengan 1.000 Tudung Manto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *