Junaidi Adjam, Tuntut ‘Oemar Bakri’ Mampu Berkompetensi

1
Kadis Pendidikan,Junaidi Adjam saat di stand SMAN - 2 Singkep

Selingga.com (30/04) Dabo. Derasnya arus digitalisasi yang menyebarluas saat ini, tentunya juga menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Barisan ‘Oemar Bakri’ ini, dituntut untuk mampu berkompetensi didalamnya. Untuk itu juga, Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga mencoba untuk menjadikannya sebagai momen dalam pembentukkan manusianya.

“Pendidikan itu sangat penting bagi membentuk manusia yang berakhlak mulia, berintelektual dan berkualitas. Dalam momen Hari Pendidikan Nasional 2019 ini, pastinya pendidikan di Kabupaten Lingga ini akan semakin meningkat, sejalan dengan tema kita ‘Menguatkan Pendidikan Dan Memajukan Kebudayaan’. Dengan globalisasi dan persaingan digital hari ini, membuat kita semua, terutama tenaga pendidik dan dunia pendidikan itu sendiri, pada umumnya harus mampu berkompetensi dan bersaing dengan daerah-daerah lainnya,” kata Drs. Junaidi Adjam, selaku Kadis Pendidikan Kabupaten Lingga, kepada Selingga.com pada Senin (29/04) tadi di Dabo Singkep.

Kadis Pendidikan, Junaidi Adjam saat berada di Stand SMPN – 2 Singkep

Kadis Pendidikan Kabupaten Lingga inipun tidak mau mengabaikan perkembangan informasi teknologi yang ada saat ini.

“Tentunya kita tidak bisa tidak mengandalkan informasi teknologi hari ini. Apalagi pendidikan hari ini, Ujian Nasional itu, pada dasarnya sudah menggunakan system IT, dengan pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer,” kata Junaidi.

Stand SMAN – 1 Singkep

Junaidi Adjam berharap agar kompetensi guru secara Pedagogik, yang menuntut pemahaman guru terhadap peserta didiknya dalam perancangan dan pelaksanaan, evaluasi, pengembangan serta mengaktualisasikan potensi yang ada pada peserta didiknya, mampu dipahami oleh kalangan ‘Cek Gu’ ini.

Peserta lomba nyanyi solo tingkat SLTP/MTS

“Harapan kita tentunya kompetensi guru secara Pedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional itu, harus mampu mereka pahami. Sehingga mampu menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan pribadi-pribadi pendidik yang cerdas secara intelektual, cerdas secara emosional dan cerdas secara spiritual. Ini yang diharapkan oleh seluruh kalangan masyarakat, terutama dikalangan orang-orang tua peserta didik,” papar Junaidi Adjam.

Kadis Pendidikan Kabupaten ini juga menambahkan, kalau kedepannya, Kabupaten Lingga bisa berkembang sesuai dengan pola dan karakteristik masyarakatnya.

“Kita harapkan kedepannya, pendidikan, khususnya untuk Kabupaten Lingga ini, akan semakin maju dan berkembang sesuai dengan pola dan karakteristik masyarakat, khususnya di Kabupaten Lingga ini,” kata Kadisdik Lingga ini, kepada Selingga.com.

Penampilan TK. Handayani Dabo, dalam lomba joget dangkong

Sedangkan jalannya peringatan Hardiknas di Lingga, pihak Disdik Lingga yang bekerjasama dengan Korwil-Korwil yang ada, melaksanakan berbagai kegiatan. Dari perlombaan gerak jalan, bolakaki, sampai dengan pentas seni. Untuk di Dabo Singkep, pentas seni dilaksanakan di halaman Gedung Nasional dengan memperlombakan joget dangkong bagi siswa Taman Kanak-Kanak. Tari kreasi, menyanyi tunggal dan pantomin buat pelajar Sekolah Dasar. Tari kreasi, menyanyi solo dan gitar duet bagi pelajar setingkat SLTP dan MTS. Menyanyi pop, menyanyi Melayu dan guitar solo bagi pelajar SLTA sederajat. Disamping itu juga, beberapa stand yang menampilkan beberapa pencapaian dan inovasi dari beberapa sekolah, ikut menambah semarak kegiatan yang ada.(Im).

1 KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.