Kadis Kesehatan Lingga Kunjungi UGM Terkait Penyediaan Dokter Residen

Lingga205 Views
banner 468x60

Selingga.com (10/03) Yogyakarta. Untuk peningkatan kerja sama terkait dengan program penyediaan dokter residen tahap akhir dalam rangka pengabdian dan pengembangan rumah sakit yang ada di Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, dr. Bukit Tua Rayanto Gultom beserta Kasi SDMK, M. Jufri, S.K.M. melakukan kunjungan ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Jumat (10/03) tadi.

Selain itu, dalam kesempatan itu juga dibahas program Pendidikan Dokter Spesialis bagi putra putri daerah Kabupaten Lingga. Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Dekan II bidang Kerja Sama, Alumni, dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Gadjah Mada, Dr. dr.  Sudadi, Sp.An-KNA, KAR, dan dr. Arief Budianto, Sp.KK(K)., Ph.D. selaku ketua TKP PPDS serta bapak Purwanto selaku bidang urusan penelitian, pascasarjana dan kerja sama UGM.

Kadis Kesehatan Lingga Kunjungi UGM Terkait Penyediaan Dokter Residen.(foto : istimewa)

Dalam kesempatan yang ada, Kadis Kesehatan Lingga menyampaikan bahwa program tersebut merupakan langkah awal untuk memenuhi layanan spesialistik untuk masyarakat.

“Program penyediaan dokter residen tahap akhir bagi rumah sakit merupakan langkah awal pemenuhan layanan spesialistik bagi masyarakat yang sangat dibutuhkan saat ini. Strategi pemenuhan layanan kesehatan spesialistik jangka panjang akan dilakukan melalui kerja sama bidang Pendidikan Dokter Spesialis dalam bentuk beasiswa pendidikan,” kata dr. Bukit Tua.

Selain itu, dalam rangka pemenuhan dokter residen dan spesialis, saat ini Dinas Kesehatan-PPKB Kabupaten Lingga telah bekerja sama dengan beberapa fakultas kedokteran di antaranya Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan sebagai center program residen dan PPDS Wilayah Sumatra serta Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai center program pendidikan wilayah Jawa.

Kadis Kesehatan Lingga Kunjungi UGM Terkait Penyediaan Dokter Residen.(foto : istimewa)

“Pada tahun ini Dinas Kesehatan-PPKB Kabupaten Lingga menargetkan salah satu rumah sakit yang ada menjadi rumah sakit dengan tipe kelas C, yaitu RSUD Dabo. Dengan adanya target ini, upaya yang terus dilakukan Dinas Kesehatan-PPKB dalam program pengembaangan dokter spesialis untuk peningkatan pelayanan spesialistik di RSUD Kabupaten Lingga dapat berjalan, sehingga kebutuhan layanan spesialis dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata dr Bukit Tua.

Baca juga :   100 ton lebih bahan bom digudang Bea dan Cukai

Dinas Kesehatan-PPKB sendiri sampai saat ini terus berproses dalam pembenahan peningkatan pelayanan Kesehatan, baik di Puskesmas maupun layanan kesehatan di Rumah Sakit. (Red/rls).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *