Kapolres Lingga Berikan Nomor Ponsel untuk Pengaduan Masyarakat, Sudah Ada 2-3 yang WA

Lingga409 Views
banner 468x60

Selingga.com (03/12) Dabo. Berjalan sekitar 3 bulan semenjak diserahkan amanah sebagai Kapolres Lingga, tepatnya pada Rabu (10/08) lalu, AKBP Fadli Agus saat ini terlihat berupaya bisa menjalankan sebaik mungkin amanah yang telah diembankan kepada dirinya tersebut. Selain pembenahan internal, tentunya perwira menengah dengan dua bunga sudut lima di pundaknya ini berusaha untuk membuka komunikasi seluas-luasnya kepada semua elemen masyarakat yang ada di dalam wilayah hukum Polres Lingga tersebut. Tidak hanya itu, selain melakukan silaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, AKBP Fadli Agus juga terlihat di beberapa kegiatan sosial yang sedang berlangsung saat itu di tengah-tengah masyarakat. Sejalan juga dengan beberapa kegiatan dari Polres Lingga, seperti Jumat Berkah yang masih berjalan hingga kini dan juga beberapa kegiatan-kegiatan seperti pemberian bantuan bahan pokok ke masyarakat, kemudian menggelar kegiatan bersembang bercerita yang menyasar langsung kepada komunitas-komunitas masyarakat

yang telah menjadi program dari pihak Polres Lingga sebelumnya. Termasuk juga menyempatkan diri untuk mengingatkan masyarakat nelayan untuk selalu berhati-hati ketika melaut, goro di rumah ibadah, dan juga kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Tidak hanya itu, pihak Polres Lingga juga sudah beberapa kali menggelar kegiatan silaturahmi dengan pihak media. Beberapa organisasi wartawan juga sebelumya terlihat bersama, berdialog dengan Kapolres Lingga ini. Seperti juga pada Jumat (02/12) tadi, tepatnya di sekretariat PWI Kabupaten Lingga di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kapolres Lingga, AKBP Fadli Agus yang saat itu didampingi oleh Wakapolres Lingga, Kompol Karyono, Kabag SDM Polres Lingga, Kompol Hari Sucipto, Kabagops Polres Lingga, AKP Edy Supandi, Kasat Intelkam Polres Lingga, Iptu Wahyudi, dan Plt. Kasihumas Polres Lingga, AKP Sutrisno Saragih, menggelar kegiatan “Curhat Kamtibmas” dengan pihak media. Hadir juga saat itu Ketua dan pengurus PWI Kabupaten Lingga, perwakilan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lingga, Ikatan Jurnalis Televisi Lingga (IJTL), Persatuan Media Indonesia (PJMI), dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kabupaten Lingga.

Baca juga :   Tim Saber Pungli Kabupaten Lingga Gelar Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar pada Sektor Pelayanan Publik

Di hadapan para jurnalis saat itu, Kapolres Lingga ini mengajak untuk bersama-sama membangun daerah Lingga agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Tidak hanya itu, selain membuka layanan pengaduan di nomor ponsel 085349930746, AKBP Fadli Agus dalam kesempatan tersebut bahkan memberikan nomor ponselnya 082188510888 agar bisa menerima pengaduan langsung dari masyarakat Kabupaten Lingga.

Kapolres Lingga, AKBP Fadli Agus

“Semua bisa tahu nomor hp saya, minimalnya tahu dulu. Sudah ada 2-3 WA ke saya, alhamdulillah saya menanti yang kira-kira betul-betul menjadi temuan. Tetapi insya Allah sesuai dengan doa saya pribadi, mungkin juga doa kita semua juga, kita ingin Lingga ini aman-aman saja, teratur-teratur saja, tertib saja. Insya Allah damai saja. Kalau memang judul besarnya curhat kamtibmas, bagaimana caranya kita di sini lebih damai, lebih makmur, dan lebih aman, insya Allah,” kata AKBP Fadli Agus.

AKBP Fadli Agus menambahkan kalau dengan beredarnya nomor ponsel miliknya tersebut, setidaknya beberapa keluhan dari masyarakat dapat diketahui nantinya.

“Tetapi selain daripada itu, di balik itu semua saya menyosialisasikan nomor hp saya langsung. Sepakat kami semua seluruh Polres Lingga terjun langsung saja, untuk saat ini kita harus betul-betul bisa menampung sekecil apa pun keluhan masyarakat. Karena banyak fenomena penanganan polisi pelayanannya di kantor, terkadang walaupun sudah niatnya baik, tetapi karena kebiasaan berbahasa prokem, jadi salah diartikan dan cepat viral. Akhirnya jadi muncul stigma pelayanan Polres itu tidak bagus,” kata AKBP Fadli Agus.

Terkait itu juga, AKBP Fadli Agus juga ingin mengetahui sejauh apa pelayanan yang ada di Polres Lingga semasa dirinya menjabat sebagai Kapolres Lingga ini.

“Saya pribadi sangat mengharapkan masyarakat itu mau betul-betul menyampaikan ke sini. Sekecil apa pun keluhannya, sampaikan.

Baca juga :   Pengeluaran Rp 3 Milyar Lebih, Kantor Bea dan Cukai Dabo Terancam Turun Status

Sampaikan bagaimana pelayanan di Polres ini terlaksana sepanjang hari, sepanjang minggu, sepanjang bulan, dan sepanjang tahun selama saya masih di sini,” kata Kapolres Lingga ini.

AKBP Fadli Agus berharap untuk seterusnya Polres Lingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Lingga.

“Saya tidak bisa menjamin untuk ke depannya setelah saya. Tetapi saya berharap apa yang telah saya berikan di sini selama saya menjabat, bisa jadi pegangan, pedoman untuk ke depannya bagi pengganti saya nanti bisa melaksanakan dan sama visinya mencapai keamanan dan ketertiban dan pelayanan yang prima untuk masyarakat Lingga. Insya Allah kita ke depan tidak begini-begini saja. Tetap berharap situasi Lingga lebih ramai lagi, lebih maju lagi,” papar AKBP Fadli Agus.

Polres Lingga gelar kegiatan “Curhat Kamtibmas” dengan pihak media

Terkait sinergisitas dengan rekan-rekan media, AKBP Fadli Agus menerangkan kalau di beberapa bidang yang ada, memang menjadi objek pemberitaan dan mempersilakan untuk melakukan peliputan dengan persepsional yang ada.

“Terkait dengan sinergisitas dengan rekan-rekan (wartawan-red), bahasa “seksi” untuk kegiatan kepolisian ini multitafsir. Pertama, seksi di bidang kriminalitas, itu paling seksi untuk diliput. Kedua, seksi di bidang pelanggaran, itu juga paling seksi untuk diliput. Ketiga, seksi di bidang bencana, itu juga seksi untuk diliput. Keempat, kegiatan-kegiatan rutin. Ini harus persepsional yang positif. Kita berharap di sini aman dan damai, bertentangan dengan bahasa “seksi” kriminalitas tadi. Walaupun sekali dua kali ada di lingkungan kita, ya tetap itu bukan harapan kita. Tidak setuju kita terkait masyarakat kita yang melakukan pencurian, pencabulan. Itu yang terjadi akhir-akhir ini. Ada diliput, silahkan diliput,” papar Kapolres Lingga ini.

Tidak hanya itu, terkait dengan pelayanan yang kemungkinan adanya pelanggaran oleh oknum aparat, Kapolres Lingga ini juga mempersilahkan pihak media untuk meliput. Biarpun terkait hal tersebut, pihak Polres Lingga berusaha agar anggota yang ada tetap melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca juga :   Atasi Banjir, Kelurahan Dabo Lama Butuh Normalisasi Sungai

“Kemudian misalnya berharap Polisi (yang melakukan-red) pelanggaran. Kami juga tidak menutup, silahkan diliput andaikan ada Polisi yang memang melanggar. Tetapi sekali lagi, itu bertentangan dengan apa tujuan kami. Tidak akan kami biarkan hal-hal seperti itu terjadi. Kami tetap berusaha menghilangkan pelanggaran-pelanggaran terhadap anggota terkait pelayanannya kepada masyarakat,” kata AKBP Fadli Agus.

Sedangkan terkait dengan kegiatan-kegiatan rutin yang ada selama ini, ke depannya akan dikemas agar menjadi lebih baik lagi.

“Kemudian terkait masalah bencana, mudah-mudahan di sini aman-aman saja. Yang keempat, kegiatan rutin ini yang perlu kita kemas. Kalau yang rutin seandainya tidak terliput atau butuh masukan-masukan, hari ini tolong dicurhatkan apa kira-kiranya,” kata AKBP Fadli Agus.

Polres Lingga gelar kegiatan “Curhat Kamtibmas” dengan pihak media

Sementara kegiatan sosial yang dilaksanakan selama ini, Kapolres Lingga mengatakan kalau hal tersebut sebelumnya juga telah dilaksanakannya.

“Untuk kegiatan sosial itu di luar program dinas. Itu merupakan program saya dari dulu bukan karena jadi Kapolres. Jadi, saya berbagi,” kata AKBP Fadli Agus. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *