Kataman AL – Qur'an, Hiasi Jalannya Buka Puasa Di Masjid Ainul Yaqin, Desa Kote

Lingga110 Views
banner 468x60

Selingga.com (20/05) Dabo. Khataman AL – Quran dan buka puasa bersama, menghiasi jalannya Ramadhan para Jamaah Masjid Ainal Yaqin Desa Kote, Kabupaten Lingga. Acara tersebut juga menandakan telah selesainya pembacaan AL – Qur’an secara bersama sebanyak 30 juz.
“Acara Khatam Al-qur’an ini hakikatnya adalah kegiatan pembacaan doa khatam secara bersama-sama sebagai tanda telah tamatnya pembacaan al-quran 30 juz oleh jamaah masjid Ainal Yaqin yang memang sudah dimulai sejak awal Ramadan kemarin,” kata H. Karim, salah satu tokoh masyarakat Desa Kote pada Minggu (19/05) tadi.
Dalam acara tersebut, menu khas masakan dari Desa Kote, ikut meramaikan jalannya khatam bersama.
“Dalam acara ini biasanya diawali dengan pembacaan ayat Al – Qur’an mulai dari surah Ad – Duha hingga surah An – Nas, setelah itu diikuti dengan pembacaan tahlillan, berikutnya dilanjutkan dengan doa khatam Al – Quran. Kemudian yang terakhir barulah ditutup dengan berbuka puasa bersama dan mencicipi menu masakan tradisional khas Desa Kote yang sudah di hidangkan setiap jamaah,” kata H. Karim.

H.Karim (foto : istimewa)

H. Karim juga mengatakan kalau kegiatan Khatam Al-qur’an dan buka puasa bersama yang dilaksanakan di Masjid Ainal Yaqin Desa Kote ini, merupakan kegiatan keagaman yang sudah dilaksanakan dari sejak dulu.
Sedangkan Jalaluddin S.Pd.SD, yang juga merupakan salah satu tokoh masyarakat Desa Kote, menambahkan kalau dalam acara tersebut dijadikan juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara warga.
“Seperti biasanya acara ini juga dihadiri para tamu undangan tokoh agama serta masyarakat Desa Kote yang sudah lama berdomisili di luar Desa Kote. Baginya momen ini adalah kesempatan sekali setahun untuk bersilahturahmi serta melepas kerinduannya dalam menjalani bulan suci Ramadan di Kampung halaman,” kata Jalaluddin.(Im).

banner 325x300
Baca juga :   Harga Jual Hasil Nelayan Bubu Kepiting Desa Cukas Membaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *