Lestarikan Alam, Kwarran Gerakan Pramuka Singkep Selatan Gelar “Kemah Hijau”

Lestarikan Alam, Kwaran Gerakan Pramuka Singkep Selatan Gelar “Kemah Hijau”

Selingga.com (01/10) Singkep Selatan. Bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Singkep Selatan, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Singkep Selatan menggelar Kemah Hijau. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 30 September-2 Oktober 2022 tersebut digelar di halaman Kantor Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga. Kemah Hijau dibuka secara resmi oleh Ka Kwarcab Lingga, Junaidi Adjam. Kegiatan Kemah Hijau digelar dengan mengambil tema “Penghijauan dan Pelestarian Budaya sebagai Perwujudan dari Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.”

Ka Kwarcab Lingga, Junaidi Adjam usai membuka kegiatan Kemah Hijau pada Jumat (30/09) hari itu, kepada pihak media mengatakan kalau kegiatan Kemah Hijau juga bertujuan untuk ikut bersama-sama dalam langkah melestarikan sumber daya alam yang ada saat ini.

Lestarikan Alam, Kwarran Gerakan Pramuka Singkep Selatan Gelar “Kemah Hijau”

“Sore hari ini kita baru saja membuka kegiatan “Kemah Hijau 2″ yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Singkep Selatan. Tentunya ini sebuah inisiatif yang dilakukan oleh adik-adik di Kwartir Ranting. Tujuan dari Kemah Hijau ini di samping melestarikan sumber daya alam yang ada, juga bersama-sama menggelar penanaman. Tadi kita sudah melakukan penanaman pohon yang nantinya memberikan manfaat pada masyarakat,” kata Junaidi Adjam.

Melalui kegiatan Kemah Hijau tersebut, Junaidi Adjam juga berharap agar kegiatan tersebut bisa dijadikan motivasi bagi adik-adik Pramuka.

“Harapan kita tentunya kegiatan seperti ini memberikan motivasi, semangat kepada adik-adik kita melalui wadah gerakan Pramuka ini di bawah bimbingan kakak-kakak dari Pembina Gugus Depan. Setelah kegiatan ini, diharapkan ada keterampilan khusus yang didapatkan oleh adik-adik kita. Di samping nantinya juga ada pemateri-pemateri yang diberikan dari Pusdiklat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lingga,” kata Junaidi Adjam.

Lestarikan Alam, Kwarran Gerakan Pramuka Singkep Selatan Gelar “Kemah Hijau”

Ke depannya, adik-adik Pramuka juga diminta untuk semakin mencintai alam dan lingkungannya serta ikut melestarikannya.

“Harapan kita bersama, ending dari kegiatan ini ke depannya adalah adik-adik Pramuka bisa semakin mencintai alam, back to natural. Tentunya mereka kembali ke alam, bagaimana mereka menjaga kelestarian alam, menanam pohon, dan nantinya memberikan hasil yang baik untuk dirinya ataupun masyarakat serta daerah,” kata Junaidi Adjam.

Di samping acara-acara yang memang dilakukan oleh Kwartir Ranting bersama Gerakan Pramuka Lingga ini, ada juga kegiatan-kegiatan hiburan seperti tarian zapin kreasi, puisi berantai, kriya anyaman, pertandingan semaphore, lomba tarian kreasi lagu anak-anak, perlombaan yel-yel, paduan suara, dan senam bersama. Kegiatan ini pada prinsipnya memberikan keterampilan-keterampilan pada adik-adik Pramuka, baik di tingkat Siaga, tingkat Penggalang maupun di tingkat Penegak. (Im).

Read Previous

Melalui Kutbah Jumat, Kapolsek Palmatak Ingatkan Masyarakat Untuk Selalu Menjaga Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama

Read Next

Belajar dari Youtube, Hanafi Mulai Budi Daya Ketam Bakau di Resang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *