Lima Puluh Enam Mahasiswa UT Dabo, Ikuti PKBJJ

0
Lima Puluh Enam Mahasiswa UT Dabo, Ikuti PKBJJ

Selingga.com (22/09) Dabo. Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Mahasiswa Pascasarjana masa registrasi 2019 Universitas Terbuka Batam, dilaksanakan di Dabo pada Minggu (22/09) tadi dengan menghadirkan dua orang narasumber dari pihak UPBJJ-UT Batam, Silfi Amelia dan Liska.

Kepada pihak media saat itu, Silfi Amelia menyampaikan kalau dari kegiatan yang ada tersebut, diharapkan para mahasiswa dapat memahami proses pembelajaran jarak jauh itu.

Perwakilan Staf UPBJJ-UT Batam, Silfi Amelia

” Kegiatan orientasi studi mahasiswa baru diperuntukkan untuk mahasiswa baru. Di sini akan dijelaskan tentang registrasi sampai dengan ujian. Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan keterampilan jarak jauh, diharapkan mahasiswa nantinya dapat memahami tentang proses pembelajaran jarak jauh yang ada di Universitas Terbuka (UT),” kata Silfi Amelia, selaku Perwakilan Staf UPBJJ-UT Batam saat itu.

Silfi juga mengatakan kalau kegiatan yang ada sebagai penambahan materi pembelajaran terkait dengan persiapan ujian akhir semester nantinya.

” Contohnya seperti tutorial online. Di sini dijelaskan bahwa tutorial online, mulai dari aktivasi, sampai nanti cara penggunaan tutorial online. Sebagai pembelajaran untuk penambahan materi-materi pembelajaran yang nantinya untuk persiapan ujian akhir semester mahasiswa agar dapat hasil yang memuaskan bagi mahasiswanya,” kata Silfi, menambahkan.

Ketua Pokjar UT Singkep,Syaufi Anwar

Sementara itu, Syaufi Anwar selaku Ketua Pokjar UT Singkep menjelaskan kalau untuk Universitas Terbuka Pokjar Kecamatan Singkep, sudah berjalan sejak tahun 1995 lalu.

” Keberadaan Universitas Terbuka, khususnya Pokjar Kecamatan Singkep ini, sudah berjalan mulai sekitar tahun 1995, sudah ada. Waktu itu kita hanya menjalankan program D-2, khusus guru SD. Kemudian ke depannya kita lanjut dengan program S-1,” kata Syaufi Anwar.

Syaufi Anwar juga menambahkan kalau sebagian besar guru-guru SD di Kecamatan Singkep, telah berhasil menyelesaikan S1 mereka di Universitas Terbuka tersebut.

“Khusus pengelolaan di bawah kepemimpinan saya, itu dimulai sejak tahun 2005, hingga saat ini. Alhamdulillah 80%, bahkan sampai 90%, guru-guru SD di Kecamatan Singkep ini telah menyandang S-1 di Universitas Terbuka. Begitu juga pegawai-pegawai negeri sipil yang ada di Kecamatan Singkep, khususnya dan Kabupaten Lingga pada umumnya, juga mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) Kecamatan Singkep. Selain itu, ada juga yang dari Kejaksaan Negeri Lingga dan mahasiswa yang berasal dari Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) yang melanjutkan kuliah di sini. Alhamdulillah, kami di sini sudah menyelenggarakan, khususnya di Kecamatan Singkep ini, sudah sekitar kurang lebih 20 tahun-anlah,” papar Syaufi.

Lima Puluh Enam Mahasiswa UT Dabo, Ikuti PKBJJ

Rangkaian kegiatan PKBJJ hari itu yang diikuti sebanyak 56 orang mahasiswa, terbagi dari 2 sesi. Untuk sesi pertama yang dimulai dari pukul 08.00 WIB berupa register peserta, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi PKBJJ. Setelah itu dilakukan langkah merekam hasil baca berupa peta resume/peta konsep/outline. Pada sesi kedua, juga dilakukan langkah perekaman hasil baca berupa peta resume/peta konsep/outline yang dilanjutkan dengan memanfaatkan layanan UT online. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.