Malam-Malam Ke PPK, Kapolres Lingga," Keamanan Kotak Surat Suara Beserta Surat Suara, Adalah Sasaran Utama"

Selingga.com (20/04) Dabo. Tidak hanya cukup dengan mengerahkan satuan patrolinya dan juga beberapa personilnya di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, juga terlihat memantau langsung perkembangan keamanan disekitar wilayah PPK dalam perekapan hasil suara saat ini.
“Pada tahap rekap PPK ini, tentunya masih merupakan tahapan- tahapan yang krusial, tahapan-tahapan yang menentukan. Untuk kegiatan tersebut, Polres Lingga mengerahkan kekuatan personil, guna menjamin keamanan, kenyaman dan kelancaran rekan-rekan yang di PPK ini, untuk melakukan perekapan rapat pleno ini,” kata AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, saat ditemui Selingga.com pada Sabtu (20/04) malam di Sanggar Praja Dabo Singkep, tempat berlangsungnya Pleno Rekapiltulasi Hasil Suara Pemilu 2019 PPK Singkep.
Kapolres Lingga ini juga menekankan untuk tidak ragu untuk melapor, apabila nantinya ada ditemukan pihak-pihak yang ingin menghambat kelancaran proses pemilu tersebut.

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, saat memantau langsung perkembangan keamanan disekitar wilayah PPK Singkep dalam perekapan hasil suara

“Jangan ragu apabila ada tekanan-tekanan, ada potensi-potensi masalah dari luar, yang ingin mengganggu, yang ingin menghambat kegiatan tersebut, sampaikan kepada kami. Karena PPK yang berjumlah 10 di Kabupaten Lingga ini, seluruhnya kami tempatkan personil Polri. Di seluruh PPK yang melaksanakan rapat pleno, kami tempatkan personil Polri. Kami siapkan tenda beserta perlengkapan pengamanan lainnya,” kata Kapolres Lingga ini.
AKBP Joko Adi Nugroho juga menambahkan, kalau pihaknya juga melakukan penebalan kekuatan, untuk menjamin terciptanya kondisi yang kondusif.
“Selain personil yang menetap disini secara bergantian, kami juga serahkan patroli gabungan Dalmas dan Brimob untuk penebalan kekuatan,” tambah AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, kepada Selingga.com saat itu.
Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu Tahun 2019 di PPK Kecamatan Singkep

Hal tersebut dilakukan pihak Polres Lingga, mengingat tanggungjawab pihaknya, untuk tetap melakukan pengamanan dalam proses Pemilu ini.
“Karena keamanan kotak surat suara beserta surat suaranya ini, adalah sasaran utama. Jadi kita mengawal, membantu seluruh masyarakat, agar suara dari TPS sampai nanti ke KPU – RI, tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kapolres Lingga.
AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T ini juga memaparkan, kalau selama berlangsungnya tahapan pemilu ini, situasi berjalan lancar dan aman.
“Insya Allah, dari kami Polres Lingga, mengamankan kegiatan, tentunya bekerjasama dengan TNI juga, sampai saat ini tidak ada hambatan, Alhamdulillah. Dari mulai tahapan awal, kemudian mendekati hari ‘H’ nya sampai dengan tanggal 17 April 2019 tadi, distribusi logistik, kita tahu semua wilayah kita yang sebagian besarnya laut, Alhamdulillah masih lancar, masih selamat dan pencoblosan juga seperti itu, aman, lancar sampai sekarang,” terang AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T.
Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu Tahun 2019 di PPK Kecamatan Singkep

Untuk itu juga, Kapolres Lingga ini minta dukungan dari masyarakat Lingga.
“Kami juga mohon do’a restu dari masyarakat Kabupaten Lingga, Insya Allah masih aman dan lancar dan tidak ada hambatan,” kata Kapolres Lingga.
Ketika disinggung apakah ada potensi kerawanan nantinya, setelah adanya penetapan akhir perolehan suara, Kapolres Lingga ini menjawab, kalau pihaknya meyakinkan jika peserta pemilu yang ada, telah sepakat sebelumnya untuk tetap menjaga pemilu berjalan dengan aman.
“Kalau kita lihat di Kabupaten Lingga, kita mendapat laporan-laporan dari Intel serta informasi-informasi dan data lainnya, Insya Allah juga masih aman. Karena kita mengetahui, yakin dan percaya, seluruh saudara-saudara kita yang ikut mencalonkan, itu sepakat semua untuk menjaga pemilu agar tetap aman,” kata AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T.(Im).

Read Previous

Ada Selisih 2 Suara Di TPS 05 Batu Kacang

Read Next

Belasan Puisi 'Pecah' di Buka Lapak Komunitas Literasi Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *