Polres Lingga Antisipasi Segala Kemungkinan Dari Anomali Cuaca

Lingga66 Views
banner 468x60

Selingga.com (11/12) Dabo. Anomali cuaca di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Lingga, menjadi perhatian serius pihak Polres Lingga. Tidak mau “kecolongan” dengan anomali cuaca yang berpotensikan cuaca ekstrem dan menyebabkan hujan lebat serta tingginya gelombang laut, Polres Lingga menggelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana, pada Rabu (11/12) tadi di halaman Mapolres Lingga.
“Kegiatan Apel Kesiagaan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Lingga yang dihadiri oleh unsur TNI-Polri yang ada di Kabupaten Lingga, semua stockholder yang memiliki tugas dan fungsi serta tanggung jawab terkait dengan penanggulangan bencana, seperti rekan-rekan dari Basarnas, pemerintah daerah, BPBD, dan sebagainya,” kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T. kepada pihak media.
Kapolres Lingga ini mengatakan kalau kegiatan tersebut merupakan langkah persiapan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi dari perubahan cuaca tersebut.

Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

“Acara ini dilaksanakan menunjukan sinergisitas kepada masyarakat bahwa TNI-Polri bersama pemerintah dan segenap stockholder yang berkecimpung dalam penanggulangan bencana, aktif untuk menyiapkan segala tindakan, langkah-langkah, dan upaya untuk bisa mengantisipasi datangnya musim penghujan ini. Seperti kita ketahui juga di beberapa daerah banyak terdapat anomali cuaca, termasuk juga tingginya gelombang, curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan banjir, tanah lonsor dan bencana-bencana lainnya,” jelas Kapolres Lingga.
Perwira Menengah dengan Dua Bunga Sudut Lima di pundaknya itu menambahkan kalau langkah yang diambil sebagai tanda hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat.
“Sehingga perlu dilaksanakan langkah sinergitas dari seluruh aparatur negara yang menunjukkan negara hadir di tengah-tengah masyarakat untuk keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, terutama di bulan-bulan akhir ini yang menunjukkan tingginya gelombang dan curah hujan,” tambah Kapolres Lingga.
Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

Selain itu, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, M.H. juga menambahkan kalau selanjutnya, mereka akan melaksanakan rapat koordinasi serta pembentukan posko penanggulangan bencana.
” Tentunya setelah ini, nantinya kita akan melaksanakan rapat koordinasi dan membentuk posko penanggulangan bencana. Rapat koordinasi dilaksanakan untuk memastikan rencana-rencana kegiatan. Termasuk kita pahami dahulu lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi tempat-tempat kerawanan bencana serta di posko itulah nanti kita bersama-sama melaksanakan tugas, mengevaluasi hari demi hari kinerja dari tim penangulangan bencana yang ada di Kabupaten Lingga ini,” kata AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, M.H.
Disinggung lokasi-lokasi yang menjadi titik-titik rawan bencana, Kapolres Lingga ini mengatakan kalau mereka melihat kalau lokasi tersebut yang banyak kena imbas dari musim Utara saat ini.
“Sampai saat ini kita masih melihat untuk lokasi-lokasi rawan laka laut, yaitu daerah-daerah yang banyak kena imbas terhadap musim Utara ini, terutamanya di daerah Senayang karena semakin dekat dengan daerah Karas dan Batam. Kalau kita di Lingga ini, banyak kena gelombang pada saat musim Selatan. Kalau yang kena gelombang Utara ini, arahnya sekitar daerah Senayang. Untuk daerah rawan lonsor dan banjir saat ini, masih belum kita temui secara signifikan yang mengkhawatirkan,” jelas AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, M.H.
Terakhir, Kapolres Lingga ini meminta masyarakat untuk lebih waspada terhadap keadaan cuaca saat ini.
Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T.(foto : istimewa)

“Himbauan kepada masyarakat Kabupaten Lingga, kiranya tetap berkoordinasi pada seluruh aparat TNI-Polri dan Pemkab Lingga. Kami juga akan membantu untuk menyosialisasikan situasi maupun kondisi cuaca yang informasinya disebarluaskan oleh BMKG. Ketika ada himbauan tentang informasi dan cuaca yang sedang memburuk, tidak kondusif, kami berharap pada seluruh masyarakat untuk lebih waspada. Bahkan mengurungkan dulu kegiatannya sampai menunggu dan memastikan cuaca, iklim bersahabat,” kata Kapolres Lingga ini.
Apel gelar pasukan ditutup dengan pemeriksaan pasukan serta pengecekan sarana prasarana pendukung termasuk kendaraan operasional yang turut di hadirkan di halaman Polres Lingga itu.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr.Hanla, Danramil Dabo, Kapten ARM Ismarli Koto, Kabid Perda Satpol PP Kabupaten Lingga, Febrizal Taufik, Kepala Syahbandar Lingga, Syahrulwardi, Kepala BMKG Kabupaten Lingga, Sahat M. P., Kepala Bandara Dabo Singkep yang diwakili oleh Yulian, Kepala RSUD Dabo Singkep, dr. Bukit Gultom, Kadis LH Kabupaten Lingga yang diwakili Ari Bayu Pratama, Perwakilan Dinkes Kabupaten Lingga, Camat Singkep Agustiar, dan Camat Singkep Barat, Recki Sarman Timur. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Fahrul Anshori," Satu Saja Mahasiswa Angkat Koper, Seribu Rakyat Harus Naik di Kapal, Pulang"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *