Satu Orang PDP Lingga di Rujuk ke Tanjungpinang

Satu Orang PDP Lingga di Rujuk ke Tanjungpinang. (Foto : istimewa)

Selingga.com (11/06) Dabo. Salah seorang warga Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, telah ditetapkan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan telah dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Provinsi Kepri, pada Kamis (11/06) tadi. Juru bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra, mengatakan meski hasil Rapid Test sebelumnya menunjukan hasil negatif, tetapi dokter yang menanganinya punya penilaian lain.

“Usia pasien relatif tua, sudah 80 tahun, perempuan, dan bertempat tinggal di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Rapid test negatif, tetapi gejalanya agak mengarah ke sana, jadi dokter mungkin punya pertimbanganlah,gitukan,” kata Wirawan.

Wirawan juga menambahkan, meski tidak mempunyai riwayat perjalanan dan kontak, pasien yang ditetapkan sebagai PDP tersebut, sebelumnya telah menampakkan tanda dan gejala serta telah dilakukan pengecekan dengan sistem skoring yang ada.

Satu Orang PDP Lingga di Rujuk ke Tanjungpinang. (Foto : istimewa)

“Dokter menetapkan sebagai PDP ini dengan melalui tanda dan gejala yang timbul serta dengan sistem skoring yang sudah ditetapkan oleh kementerian. Memang pasien ini tidak ada riwayat bepergian, kontak. Tetapi dengan situasi pandemik saat ini, mungkin dokter punya pertimbangan yang lebih detail lagi. Jadi, ditetapkanlah ini sebagai PDP oleh dokter RSUD Dabo, yaitu dari dokter penanggung jawab pasien,” kata Wirawan.

Wirawan kemudian mengatakan kalau dirujuknya pasien PDP dari Dabo ini, mengingat perlengkapan kesehatan yang ada di Lingga belum memadai untuk penanganan pasien Covid.

“Status pasien sudah dinaikkan menjadi PDP dan sudah persiapan dirujuk ke Rumah Sakit Ahmad Tabib Tanjungpinang yang merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19 di Provinsi Kepri, mengingat perlengkapan kita di rumah sakit di Kabupaten Lingga ini yang tidak memadai untuk penanganan pasien Covid-19,” kata Wirawan.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra.

Untuk data terakhir, Wirawan mengatakan kalau Kabupaten Lingga saat ini, jumlah PDP 1 orang dan OTG berjumlah 61 orang.

“Untuk situasi terakhir di Kabupaten Lingga, untuk OTG kita berjumlah 61 orang dan alhamdulillah tadi sudah keluar hasilnya untuk Swab yang pertama, keseluruhannya negatif. Jadi, untuk PDP-nya, kita punya 1,” kata Wirawan. (Im).

Read Previous

Srikandi PP Lingga Gelar Rapat Konsolidasi

Read Next

Pasca Pertikaian 2 Desa, Polsek Singkep Barat Lakukan Monitoring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *