Terapkan WebGIS, Perumda Air Minum Tirta Lingga Pantau Tekanan Laju Air dan Sistem Pemetaan Jaringan

Lingga373 Views
banner 468x60

Selingga.com (08/10) Dabo. Perumda Air Minum Tirta Lingga menggelar peringatan HUT ke-13 tahun ini dengan mengambil tema “Kolaborasi Bersama Wujudkan Pelayanan Maksimal”. Jalannya kegiatan yang digelar pada Sabtu (07/10) tadi di Kantor Perumda Air Minum Tirta Lingga di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga dilaksanakan dengan menggelar silaturahmi dengan pihak media. Hal tersebut dilaksanakan agar pihak Perumda Air Minum Tirta Lingga bisa mendapatkan informasi dan masukan dari pihak media terkait dengan pengaduan-pengaduan yang ada di lapangan agar menjadi catatan dan pekerjaan rumah ke depannya. Selain itu, Direktur Perumda Air Minum Tirta Lingga, Irfan Andaria memaparkan kalau saat ini pihaknya terus melakukan upaya peningkatan pelayanan, salah satunya terkait dengan sistem GIS dan IOT.

“Untuk kali ini secara umum kita investasi mandiri oleh PDAM terkait dengan sistem informasi teknologi. Makanya tuntutan teknologi membuat kami lebih meningkatkan sistem-sistem tersebut. Dengan hadirnya sistem baru, yaitu sistem GIS dan sistem IOT ini berfungsi agar perusahaan dapat memberikan kebijakan secara akurat, terarah, dan terukur,” kata Irfan Andaria.

Saat ini Perumda Tirta Air Minum Lingga telah memiliki sensor tekanan dan lajur air dalam pipa yang dapat dimonitor secara real time. Sensor untuk monitoring tekanan dan laju air dalam pipa dengan data yang dihasilkan secara real time untuk mendeteksi berbagai potensi, seperti tekanan dan laju air yang dialirkan ke pelanggan. Dengan demikian pihaknya dapat langsung memberikan kebijakan secara akurat.

Terapkan WebGIS, Perumda Air Minum Tirta Lingga Pantau Tekanan Laju Air dan Sistem Pemetaan Jaringan

“Dengan sistem GIS ini terdeteksi potensi pelanggan yang perlu kita benahi, sekarang dengan sistem GIS jelas nampak secara real time mana wilayah mana pelanggan yang belum terlayani air bersih,” jelas Irfan Andaria.

Baca juga :   Relokasi makam,Ketua PSMTI Lingga di panggil Jaksa

Irfan Andaria menjelaskan kalau monitor tekanan dan laju air WebGIS, yakni Sistem Informasi Geografis dalam bentuk web untuk shifting GIS lokal dan serta terintegrasi dengan perangkat modul IoT (Internet of Things) yang terdiri dari berbagai macam sensor dipasang di beberapa titik wilayah cakupan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Lingga.

“Dengan adanya sistem GIS dan sistem IOT ini berfungsi untuk memberikan kebijakan secara akurat, terarah, dan terukur. Dengan sistem GIS ini dapat mencakup peta jaringan, jadi kita dapat melihat kekuatan dan kelemahan kita dengan sistem ini,” kata Irfan Andaria.

Terapkan WebGIS, Perumda Air Minum Tirta Lingga Pantau Tekanan Laju Air dan Sistem Pemetaan Jaringan

Irfan Andaria mengatakan kalau beberapa waktu lalu pihaknya bersama Bupati Lingga dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV meninjau ke lokasi Waduk Air Gemuruh. Dari peninjauan itu berbuah hasil akan dilakukan pergantian pipa transmisi, yang mana pipa transmisi tersebut memang telah menjadi usulan prioritas Perumda Air Minum Tirta Lingga untuk dilakukan pergantian.

“Jadi kemarin ada kunjungan lapangan dari Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV bersama Bupati Lingga berbuah hasil, insya Allah tahun 2024 pergantian pipa transmisi, sebab pipa yang kita gunakan saat ini itu telah berusia 30 tahunan lebih. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Lingga, Kementerian PUTR, Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepri, Dinas PUTR Lingga, dan OPD teknis yang mendukung majunya PDAM lebih baik,” kata Irfan.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV saat meninjau ke lokasi Waduk Air Gemuruh bersama Bupati Lingga, PDAM dan Dinas PUTR Lingga pada Maret 2023

Terakhir, Irfan Andaria mengatakan kalau dukungan penuh yang diberikan oleh Bupati Lingga sebelumnya sangat membantu dalam pelaksanaan program-program yang ada.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Lingga, Irfan Andaria

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Lingga yang dalam hal ini Bupati Lingga yang telah memberikan dukungan penuh setiap program, setiap usulan yang disampaikan oleh Perumda Air Minum Tirta Lingga. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Bupati Lingga, maka beberapa usulan kita yang belum terakomodir beberapa waktu lalu, alhamdulillah pelan-pelan bisa terakomodir,” papar Irfan Andaria.

Baca juga :   Gratis pelatihan di Sarwindah Centre

WebGIS sendiri merupakan Sistem Informasi Geografis dalam bentuk web untuk shifting GIS lokal dan serta terintegrasi dengan perangkat modul IoT (Internet of Things) yang terdiri dari berbagai macam sensor guna monitoring tekanan dan laju air dalam pipa dengan data yang dihasilkan secara real time. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *