SMAN 2 Singkep Gelar In House Training (IHT)

Singkep265 Views
banner 468x60

Selingga.com (13/09) Dabo. SMA Negeri 2 Singkep menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) dengan tema “Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PPM)” yang digelar pada Senin-Rabu, 11-13 September 2023 di ruang serbaguna SMA Negeri 2 Singkep.

Hari pertama kegiatan IHT dimulai dengan pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh Nana Kusmana, S. Pd. selaku Pengawas Pembina SMA Negeri 2 Singkep. Kegiatan IHT ini dihadiri oleh  Pengawas tingkat SMA, Yosfrinal,  S.Pd. Selain itu, juga dihadiri oleh seluruh guru SMA Negeri 2 Singkep dan guru dari sekolah lain, yaitu perwakilan dari SMA Negeri 1 Singkep dan SMA Swasta Baitul Quran.

SMAN 2 Singkep Gelar In House Training (IHT). (foto : istimewa)

Waka Kurikulum SMA Negeri 2 Singkep, Elsusanti, S. E. pada hari terakhir kegiatan, yakni pada Rabu (13/09) tadi mengatakan kalau digelarnya kegiatan tersebut bertujuan agar para guru yang ada bisa memahami dan menerapkan serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka tersebut.

“Tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk memahami bagaimana guru bisa menerapkan dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka itu sendiri serta bagaimana bisa menerapkan Profil Pelajar Pancasila yang disingkat dengan P5. Adapun P5 ini sendiri terdiri dari 6 dimensi, antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, berpikir kritis, serta berkebhinekaan global,” kata Elsusanti.

Tidak hanya itu, Elsusanti juga menambahkan kalau kegiatan tersebut juga untuk menyelaraskan pemahaman guru-guru terkait dengan Kurikulum Merdeka.

“Kegiatan ini diharapkan untuk menyelaraskan pemahaman guru-guru tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah kita serta Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam keseharian,” tambah Elsusanti.

SMAN 2 Singkep Gelar In House Training (IHT). (foto : istimewa)

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, antara lain “Dasar dan Arah IKM, Praktik Baik Pembelajaran IKM di Dalam Kelas, Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM), Pengisian PMM, Komunitas Belajar Mendukung IKM, dan Pembuatan Aksi Nyata di PMM.”

Baca juga :   Prakiraan Cuaca Tanggal 29 Februari 2016 Wilayah Kabupaten Lingga

Para pemateri dalam kegiatan IHT ini adalah Waka Kurikulum SMA Negeri 2 Singkep, Elsusanti, S. E. dan guru SMA Negeri 2 Singkep yang sudah mengikuti program Guru Penggerak, yaitu Syafitriandy, S. Pd. I. dan Feby Sarianty, S. Sos. Sedangkan sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Riza Andriani, S. Pd. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *